Menu:

Ini Kumpulan Streaming Musik Terbaik

Musik di Indonesia punya sejarah panjang dan mulai digarap secara serius dengan munculnya penyanyi dan band pendatang baru silih berganti membuat industri musik Indonesia  bergairah.

Dunia digital tanah air pun mencerminkan suasana ini dengan semakin banyaknya startup yang berfokus pada musik. 

Berikut ini adalah salah satu dari beberapa startup yang berfokus di musik


MelOn Indonesia merupakan layanan streaming musik hasil kerjasama PT Telkom Indonesia dan SK Planet asal Korea Selatan. MelOn Indonesia menyediakan konten musik berbayar dari berbagai genre secara legal, baik dari dalam maupun luar negeri. Pengguna bisa membayar menggunakan pulsa, kartu kredit, voucher Indomog, Ipay, dan Mobile Cash.
Layanan streaming musik MelOn Indonesia juga tersedia pada platformmobile:
Google Play Store: MelOn, GratisiTunes App Store: MelOn, Gratis
BlackBerry App World: MelOn, Gratis

Langit Musik


Langit Musik merupakan layanan streaming musik milik Telkomsel yang bermitra dengan MelOn Indonesia. Bila MelOn Indonesia menargetkan siapa saja tanpa batasan apapun, maka Langit Musik dikhususkan untuk pengguna jaringan Telkomsel saja, sedangkan pengguna non-Telkomsel hanya memiliki akses menjelajahi beberapa lagu yang gratis. Langit Musik menerapkan metode pembayaran dengan sistem potong pulsa sesuai biaya paket yang dipilih. Layanan streaming musik Langit Musikjuga tersedia pada platform mobile:
Google Play Store: Langit Musik, Gratis
iTunes App Store: Langit Musik, Gratis
BlackBerry App World: Langit Musik, Gratis

Guvera

guvera kumpulan startup musik
Guvera adalah layanan musik streaming yang berasal dari Australia. Guvera menyediakan jutaan konten musik dari artis-artis lokal dan internasional secara online dan offline. Untuk dapat menikmati lagu-lagu di Guvera, Anda bisa berlangganan mulai dari Rp20.000 per minggu hingga Rp574.800 per tahun. Guvera menerapkan metode pembayaran melalui kartu kredit, Doku Wallet, dan Codapay. Selain itu, terdapat fitur sosial yang memungkinkan Anda berteman dengan sesama pengguna lainnya. Layanan streaming musik Guvera juga tersedia pada platformmobile:
Google Play Store: Guvera, Gratis
iTunes App Store: Guvera, Gratis
Baca juga: Setelah enam bulan di Indonesia, Guvera berikan beberapa fitur baru

Deezer

deezer kumpulan startup musik
Deezer merupakan layanan streaming musik yang berasal dari Prancis. Kini lagu-lagu para musisi Indonesia juga dapat diakses oleh pengguna Deezer yang tersebar hingga di 180 negara. Anda dapat menikmati semua lagunya secara gratis di bulan pertama, namun selanjutnya hanya dua jam per bulan. Bila Anda ingin mendapatkan akses streamingtanpa batas di Deezer, Anda bisa berlangganan dan membayar layanan premium Rp 73.000 per bulan. Layanan streaming musik Deezer juga tersedia pada platform mobile:
Google Play Store: Deezer, Gratis
iTunes App Store: Deezer, Gratis
BlackBerry App World: Deezer, Gratis

Ohdio.fm

ohdiofm kumpulan startup musik
Meski menyebut diri sebagai situs radio online, rasanya Ohdio.fm lebih cocok masuk dalam daftar layanan streaming musik. Situs ini menyediakan playlist lagu yang dapat mewakili suasana hati Anda, seperti lagu yang memberikan semangat, suasana sendu, sebal, dan santai. Tersedia beragam playlist yang bisa disesuaikan dengan suasana hati Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat playlist Radio Artis dengan memilih nama musisi yang lagunya ingin dinikmati.

Digibeat

digibeat kumpulan startup musik
Diluncurkan pada Februari 2014, Digibeat merupakan layanan streamingmusik lokal yang berfokus menghadirkan musik sidestream bagi para penggunanya. Digibeat memiliki fitur andalan seperti “Featured Playlist” yang berisikan playlist yang telah dikurasi oleh editor Digibeat; “Explore” untuk rekomendasi album, lagu, dan new release berdasarkan genre musik; hingga “Biography” untuk menambah pengetahuan mengenai profil dan deskripsi dari para band – yang dibuat khusus oleh editor Digibeat. Mirip dengan beberapa penyedia layanan serupa, Digibeat juga dibekali “Offline Mode” untuk bisa tetap mendengarkan lagu tanpa koneksi internet. Layanan streaming musik Digibeat juga tersedia pada platform mobile:
Google Play Store: Digibeat, Gratis

KlikMusik

kumpulan startup musik klikmusik
KlikMusik merupakan aplikasi untuk mendengarkan dan mengunduh musik secara legal. Dengan didukung belasan label di Indonesia, pengguna dapat mengunduh lagu-lagu secara resmi dengan kualitas yang baik. Melalui situsnya, KlikMusik mengklaim telah memiliki sekitar 60.000 katalog lagu dengan beragam genre yang bisa bisa dinikmati para penggunanya. KlikMusik bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia layanan voucher seperi Unipin dan MOGPlay untuk mempermudah penggunanya membeli KlikMusik Credit. Aplikasi KlikMusik bisa didapat melalui:
Google Play Store: KlikMusik, Gratis
BlackBerry App World: KlikMusik, Gratis

Streaming video musik

MUSiiCO

musiico
MUSiiCo merupakan situs kurator video musik Indonesia. Situs yang diluncurkan pada Juli 2013 ini menyajikan berbagai genre musik seperti Jazz, Dangdut, Pop, Rock, Reggae, dan masih banyak lagi. Karena memposisikan diri sebagai kurator, semua video musik di situs ini berasal dari YouTube. MUSiiCO mengklaim akan memilihkan dan menampilkan video musik terbaik bagi penggunanya. Selain menonton, pengguna juga bisa memberikan komentar dan like pada video musik yang mereka tonton.

Digilive

digilive
Diluncurkan pada Oktober 2013, Digilive menghadirkan platformstreaming konser musik di Indonesia. Melalui situs ini, pengguna bisa menonton video konser secara live maupun re-run. Digilive memiliki berbagai program di situsnya, seperti Digilive Concert, sebuah konser yang dibuat oleh Digilive sesuai dengan keinginan dan karakter musisi dan ditayangkan dalam format live streaming atau tapping. Ada pula Digilive Goes To yang mana crew startup ini mendatangi dan merekam beragam acara musik, dari pensi SMA sampai gig di klub underground.Digilive juga menyediakan berbagai fitur seperti Live Schedule, Watch the Video, dan ArtisTalk.
Baca juga: Digilive tawarkan sensasi streaming konser musik di depan monitor

Sounds From the Corner

sounds from the corner kumpulan startup musik
Dengan tagline “Curated Music Session Archives”, Sounds From the Corner (SFTC) berfokus mendokumentasikan musik lokal lewat konten video. Dengan kata lain, SFTC ingin menjadi referensi musik lokal bagi penggemar musik di tanah air. Selain membuat video musik khusus yang menampilkan para musisi tanah air, SFTC juga mempunyai menu Live Videos yang berisi rekaman video live dari artis di berbagai acara. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 30 artis yang masuk dalam daftarSFTC.

Klipklip

klipklip
Bisa dibilang Klipklip menyediakan layanan yang serupa dengan SFTC, yakni menghadirkan video musik lokal. Dalam menu Video yang dimilikinya, Klipklip menyajikan Klikustik, Interview, Music Events, dan Behind the Scene. Konten dari sub-menu tersebut tentunya bisa ditebak dari namanya. Selain konten video, Klipklip juga menyajikan berita seputar musik lokal seperti album atau single terbaru musisi, ulasan, berita konser, dan lain sebagainya. Klipklip juga menyajikan menu Chart untuk melihat lagu populer yang ada di situsnya.

Streaming radio

Berisik Radio

berisik radio kumpulan startup musik
Berisik Radio merupakan layanan streaming radio remaja yang sebagian besar kontennya adalah karya dari pendengarnya. Berdiri sejak 2009, radio yang memiliki tagline “Indie School Radio” ini sudah memiliki sejumlah program permanen. Program tersebut di antaranya seperti ‘Pemalu’, siaran pagi yang memutarkan lagu-lagu lawas untuk ‘pemuda masa lalu’, ‘Cutting Edge’ yang memutarkan demo pendengar, ‘Mumet’ yang menyuguhkan lagu-lagu metal, sampai ‘Loro “Lara”’ yang bicara masalah cinta dan hal-hal romantis. Selain layanan streamingBerisik Radio juga sudah melebarkan sayap ke ranah portal berita yang membahas musik dan tren di kalangan remaja.

Demajors Radio

demajors radio kumpulan startup musik
Layanan streaming radio ini merupakan bagian dari label musiksidestream Demajors. Lagu-lagu yang diputar di Demajors Radio cukup beragam, dari golden hits era 90-an sampai lagu-lagu baru. Yang pasti, kebanyakan konten di Demajors Radio juga akan jarang Anda dengarkan di radio konvensional. Layanan streaming radio ini juga sudah hadir dalam aplikasi mobile:
Google Play Store: Demajors Radio, Gratis
iTunes App Store: Demajors Radio, Gratis

Hujan Radio

hujan radio kumpulan startup musik
Tidak seperti radio konvensional yang kerap terbentur dengan kebijakan Program Director atau Music Director, layanan streaming radio yang satu ini hadir dengan konsep free form. Artinya, setiap penyiar bebas memutar lagu dan membicarakan topik apapun sesuai dengan minat mereka. Dengan tagline “Your Intimate Music Guidelines”Hujan Radioberencana menjadi media alternatif untuk menyebar informasi dan musik berkualitas.

Pamityang2an

pamityang2an kumpulan startup musik
Layanan streaming radio asal Yogyakarta ini menyajikan konten siaran yang kental akan humor. Mengusung tagline “Karena Galau Adalah Harapan”, Pamityang2an rasanya cocok untuk Anda yang sedang mengalami dilema masalah percintaan. Selain streaming radio,Pamityang2an juga menyediakan informasi seputar event musik di situsnya.

RURU Radio

ruru radio kumpulan startup musik
RURU Radio merupakan penyedia layanan streaming radio yang juga bagian dari artists initiative RuangRupa. Karena RuangRupa berawal dari kumpulan seniman, maka orang-orang di dalam RURU Radio juga banyak yang berasal dari kalangan pekerja seni. Tagline “Radio Kontemporer Tanpa Gelombang” makin memperkental kesan bila radio ini memang ditujukan untuk pecinta seni. Selain bisa dinikmati langsung dari situsnya, layanan streaming radio startup ini juga tersedia melalui aplikasi mobile:
Google Play Store: RURU Radio, Gratis
iTunes App Store: RURU Radio, Gratis

Lainnya

Musikpedia

musikpedia kumpulan startup musik
Didirikan pada Agustus 2014 oleh Ronald Edi, Musikpedia merupakan startup berupa forum musik online yang didirikan untuk seluruh pihak yang memiliki keterkaitan dengan musik, baik itu musisi amatir maupun profesional, komposer, pengamat musik, produser, hingga pengemar musik.
Solusi utama yang ditawarkan Musikpedia yaitu agar menjadi wadah universal untuk semua aliran musik dengan menyediakan forum onlineyang lebih homogen dan spesifik. Musikpedia sendiri menyediakan kategori forum yang terdiri atas kegiatan musik, musik indie, showbizartis dan penyanyi yang sedang aktual, ulasan lagu, lirik lagu, pembahasan alat-alat musik, hingga kumpulan meme seputar musik.

Konserama

konserama kumpulan startup musik
Diluncurkan pada November 2014, Konserama merupakan startup yang menyediakan paket wisata musik seperti menonton konser maupun menghadiri festival musik. Startup ini membantu klien mulai dari proses perencanaan, perjalanan, akomodasi, dan lainnya. Untuk saat ini,Konserama berfokus melayani orang Indonesia yang ingin menikmati pengalaman wisata musik di UK.

Kincir

kincir kumpulan startup musik
Didirikan oleh vokalis band Nidji, Giring Ganesha, Kincir merupakan platform untuk mempertemukan musisi dengan para fans. Melalui Kincir, para fans bisa memilih musisi yang ingin mereka ikuti dan mendapatkan update posting atau foto dari idola mereka tersebut. Parafans juga bisa mengirimkan pesan di halaman idola mereka serta berinteraksi dengan para fans lain. Sejak diluncurkan tiga tahun lalu,Kincir mengklaim telah memiliki lebih dari 150.000 pengguna terdaftar dan lebih dari 175 artis.

Kuassa

kuassa kumpulan startup musik
Kuassa merupakan developer software audio lokal yang diluncurkan pada April 2010. Setelah berjalan lima tahun, Kuassa sudah berhasil mendapat lebih dari 400.000 download. Rata-rata software yang dijual Kuassa berada di kisaran USD39 hingga USD69 (Rp500.000 hingga Rp900.000). Tim Kuassa mengklaim sebagian besar kliennya berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.

Monkey Melody

monkey melody kumpulan startup musik
Startup asal Bandung yang diluncurkan pada Januari 2014 ini bergerak di bidang sound & music development yang berfokus pada penggarapansound dan musik untuk game. Lebih dari satu tahun berjalan, Monkey Melody mengaku sudah mulai mendapat beberapa order dari sejumlah developer dan sejumlah proyek dari pihak swasta. Startup ini berencana untuk mengembangkan pasar ke ranah global dan membuat market sound asset agar bisa menjadi payung untuk sound designer dan praktisi musik lainnya di Indonesia.

Sumber: techninasia.com

 
Ikiasli Comotan © 2015 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters